“ Service AC Panggilan
Profesional, Harga Murah,
Respon Cepat 24 Jam”
ORDER via WA 08953-7987-3026

Prima AC melayani jasa service ac, bongkar pasang, installasi, maintenance, perawatan, cuci, dan perbaikan ac di Depok, Margonda, Tapos, Cimanggis, Cinere, Sawangan, Citayam, Cibubur, Cileungsi, Cibinong, Bojoggede, Gunung Putri, Citeureup, Bogor.

Cara menentukan type dan jenis mesin pompa air

Cara menentukan type dan jenis mesin pompa air
Cara menentukan type dan jenis mesin pompa air

lihat juga


Cara menentukan type dan jenis mesin pompa air

   
             Cara menentukan type dan jenis mesin pompa aiPada waktu kita akan membeli pompa            air ada hal hal yang mesti diperhatikan antara lain menentukan type dan jenis mesin
             pompa air  tersebut. Cara menentukan type dan jenis mesin pompa air yang
b           bagus dan tepat.untuk rumah tangga dan lainnya sesuai dengan kebutuhan, akan                        membantu rencana pekerjaan anda berjalan lancar, bahkan sempurna seperti yang                    telah diperhitungkan baik secara teori maupun aplikasinya.

             Kesalahan yang paling sering dan umum terjadi ketika memilih pompa air                                    dapat menyebabkan kehilangan efisiensi dari segi biaya serta teknisnya, bahkan lebih              fatal lagi dapat mengakibatkan kerugian besar sepanjang waktu pemakaiannya.

      Cara menentukan type dan jenis mesin pompa air.
      Sebelum menentukan jenis, type ataupun model mesin pompa air yang akan digunakan pada rumah ataupun mungkin proyek anda, sebaiknya terlebih dahulu memiliki data yang akurat mengenai sumber air yang tersedia di lokasi.

      Untuk jenis sumber air dari sumur besar ataupun sumur bor, anda perlu untuk mengetahui kedalaman total lubang sumur mulai bibir atas hingga dasar sumur. Selanjutnya hitung berapa kedalaman level air yang tersedia dari dasar sumur sampai permukaan air.

      Kemudian satu hal yang masih berhubungan dengan sumur adalah, memastikan dimana posisi mesin pompa air nantinya akan diletakkan, serta mengetahui berapa jarak tempuh pipa menuju tandon (profil tank) atau area yang akan di suplai air.

      Cara menentukan type dan jenis mesin pompa air.
      Untuk kedalaman permukaan air < 9 meter, pilih pompa sumur dangkal  yang daya hisapnya  sekitar 9m nanti untuk berapa besaran listrik pasti mengikuti tipe pompa, semakin dalam daya hisapnya semakin besar konsumsi listriknya.

      Untuk kedalaman permukaan 9 – 12 meter sebaiknya memakai pompa sumur dangkal tipe semi jet pump. Bila kedalaman permukaan sumber air anda >12  meter, maka anda sebaiknya menggunakan pompa air berjenis  jet pump.

      Untuk jenis jet pump  cassing sumur umumnya menggunakan pipa diameter 4″, agar ventury jet dapat masuk ke dalam sumur. Ciri pompa jenis ini mempunyai 2 buah lubang bagian inletnya.

      Pada setiap pompa pasti ada data specifikasi pompa tersebut
      Dari spesifikasi pompa air tersebut, anda dapat membandingkan kedalaman permukaan air dengan informasi daya hisap. Umumnya standard yang digunakan oleh produsen pompa air adalah kedalaman permukaan air maksimal di mana air dapat terhisap. 

      Maksimal belum tentu optimal, karena pada daya hisap maksimal, bisa jadi anda hanya mendapatkan air sejumlah 1 liter, dalam waktu 1 jam. Tentu saja ini tidak efisien. 

      Contoh: Informasi spesifikasi daya hisap dari produsen umumnya mencantumkan 11 meter untuk jenis semi jet pump padahal idealnya di kedalaman 7 – 9 m.

      Cara menentukan type dan jenis mesin pompa air juga harus memikirkan konsumsi listrik, Jangan sampai begitu dipasang pompa, listrik malah sering turun

      Pilih pompa yang cocok dengan voltase di rumah anda.
      Daya Listrik dan Kedalaman. Pompa sumur dangkal berdaya listrik 125 atau 200 watt
      sedangkan semi jet pump berdaya 200 atau 250 watt, daya listrik yang lebih besar bukan berarti dapat menghisap lebih dalam. Hanya mempengaruhi kapasitas. 

      Contoh: 

      Dengan pompa dengan daya 200 watt,

      Spesifikasi pompa ini,Volume air yang dikeluarkan  per jam, lebih besar daripada yang pompa dengan daya125 watt. 

      Berbeda pula dengan pompa berjenis jet pump, daya listrik yang besar memilik daya hisap yang lebih dalam pula.
      
      Makanya pilih pompa yang sesuai dengan daya listrik di rumah dan kedalaman permukaan air sumur. 

      Perlu diingat saat start pompa ± 1,5 – 2 kali daya normalnya. Pada label spesifikasi biasanya tertulis input dan output. 

      Misalnya input (daya pada start pertama yang berlangsung dalam beberapa detik) =100 watt berarti konsumsi listrik saat start 1,5 – 2 kali dari itu, 

      Sedangkan output = 250watt konsumsi listrik dengan beban) berarti konsumsi listriknya 350 watt. 

      Bila rumah anda berdaya 900 watt, anda dapat menggunakan pompa hingga 250 Watt, tetapi mungkin perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan daya listrik anda 1300 watt, karena bila digabung dengan perangkat listrik dan elektronik lainnya bisa jadi kurang.

     Tetapi untuk mendapatkan air yang bagus ada pada kedalaman 20 meter kebawah karena dikedalaman segitu air meresap dengan sempurna.

      Cara menentukan type dan jenis mesin pompa air anda coba lihat contoh data pompa dibawah ini
      Pada umumnya, setiap unit mesin pompa baru yang di jual oleh distributor resmi maupun toko, akan dilengkapi dengan data spesifikasi yang meliputi:

Data
Spesifikasi
Keterangan
MODELd


 DT 300GX



Type berdasarkan nomor atau seri dari 
pabrik

V/Hz/PH

220v/50Hz/1

Tegangan dan frekuensi mesin pompa saat di nyalakan
Output
300 watt
Daya yang di keluarkan mesin pompa
RPM
2850 rpm
Putaran mesin pompa per menit
Pipe Size 

1 x 1 inch

Ukuran pipa hisap dan pipa output satuan inch
Suction Lift

12 m

Kekuatan hisap maksimum 12 meter

DischargeHead

25 m

Kekuatan dorong ke atas 25 meter

TOTALHEAD 

37 m

Jarak total maksidyang amum yang mampu di tempuh pipa
MAX. Capacity 

50 L/m

Debit air maksimum dalam liter per menit



      Contoh specifikasi pompa yang ada di body mesin atau di tanki pompa air
      

     
      Semua data mulai dari sumber air, daya listrik dan spesifikasi pompa merupakan sebuah perhitungan teknis yang saling berkaitan dan saling mendukung bahkan tidak bisa di tawar jika berharap untuk memperoleh hasil yang optimal. Memiliki data yang akurat seperti contoh di atas sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan.

      Dengan demikian, Cara menentukan type dan jenis mesin pompa air yang benar dan tepat sesuai kebutuhan akan mendukung proses kerja anda menjadi lebih efisien dan memperoleh hasil yang sempurna.

      Demikian uraian mengenai Cara menentukan type dan jenis mesin pompa air agar sesuai dengn kebutuhan dan bisa berhemat. Mohon maaf apabila ada slah kata.terimakasih




tag; 
      Pompa Air Sanyo Otomatis
     pompa air     
     pompa air shimizu
     mesin pompa air
     otomatis pompa air
     pompa air sanyo
     pompa shimizu
     mesin air shimizu
     pompa air shimizu otomatis
mesin penyedot air 
otomatis pompa air 
pompa air 
mesin air jet pump 
pompa air otomatis 
pompa air sanyo 
mesin pompa air dalam
pompa jet pump sanyo 
jenis pompa air ,
service pompa air,


0 Response to "Cara menentukan type dan jenis mesin pompa air"

Post a Comment

Featured Post

cara mengetahui ukuran pk ac

cara mengetahui ukuran pk ac ;Pada umumnya  kalau kita membeli ac baru dan melihat box ac atau gambar AC pasti akan tau namanya, misalya...

Popular Posts