“ Service AC Panggilan
Profesional, Harga Murah,
Respon Cepat 24 Jam”
ORDER via WA 08953-7987-3026

Prima AC melayani jasa service ac, bongkar pasang, installasi, maintenance, perawatan, cuci, dan perbaikan ac di Depok, Margonda, Tapos, Cimanggis, Cinere, Sawangan, Citayam, Cibubur, Cileungsi, Cibinong, Bojoggede, Gunung Putri, Citeureup, Bogor.

mengetahui warna dan kegunaan kabel listrik 3 phase

mengetahui warna dan kegunaan kabel listrik 3 phase
mengetahui warna dan kegunaan kabel listrik 3 phase

lihat juga


mengetahui warna dan kegunaan kabel listrik 3 phase

Mengetahui warna dan kegunaan kabel listrik 3 phase;Pada kesempatan kali ini Kita akan membahas cara mengetahui  warna dan kegunaan kabel listrik 3 phase karena pada kesempatan yang lalu kita bahas Mengetahui  warna dan kegunaan kabel listrik 1 phase. Untuk mengetahui arus listrik 1 phase atau 3 phase sangat mudah.

Kalau ada 2 jalur kabel dari PLN,berarti arus listrik 1 phase.
Kalau ada 4 jalur kabel  dari PLN berarti arus listrik 3 phase,

contoh instalasi arus kabel listrik 3 phase ;
Ada 4 jalur kabel dari tiang PLN




















Untuk kabel listrik 3 pase ini kabel yang digunakan untuk kabel TUPOR atau kabel FEEDER yaitu kabel isi 4 .misalkan kabel nyy 4 x 4mm atau 4 x 6mm dst.dimana isi kabel tersebut terdiri dari warna coklat / merah,kuning,hitam,kuning belang, dan biru.

Untuk mengetahui  warna dan kegunaan kabel listrik 3 phase.Pada istilah umum di Indonesia, sistem 3-phase ini lebih familiar dengan nama sistem R-S-T. karena memang umumnya menggunakan simbol “R”, “S” , “T” untuk tiap penghantar phasenya serta simbol “N” untuk penghantar netral

Apa warna kabel Positifnya atau R,S,T ?

R, kabel warna merah / coklat,

T, warna kabel kuning, dan

T, warna kabel hitam. 

Berikut adalah warna standar kabel yang harus diperhatikan:

Mengetahui  warna dan kegunaan kabel listrik 1 phase.

Hitam                         : Phase
Biru                            : Neutral
Kuning-Hijau            : Ground

Mengetahui  warna dan kegunaan kabel listrik 3 phase

Merah / coklat   : Phase 1 (R atau L1)
Kuning                : Phase 2 (S atau L2)
Hitam                   : Phase 3 (T atau L3)
Biru                      : Netral (N)
Kuning-Hijau      : Ground


Tandanya ke 3 kabel ( R.S.T ) bila diuji dengan tespen maka lampu tespen itu akan menyala.
Muatan listrik positipt ersebut bersumber dari kabel PLN yang terpasang di tiang listrik

Seorang teknisi profesional selalu menerapkan prosedur dan aturan standar yang telah ditetapkan PLN (Perusahaan Listrik Negara) dalam hal penyambungan kabel listrik, jalur kabel, dan tentunya warna kabel standar internasional (SI) yang akan digunakan.

Sebenarnya tanpa memperhatikan atau Mengetahui  warna dan kegunaan kabel listrik 3 phase. instalasi listrik PLN masih bisa dilakukan tanpa resiko kebakaran selama ukuran kabel yang digunakan sesuai dengan spesifikasi kebutuhan arus beban yang akan digunakan nanti.

Namun demikian mengetahui  warna dan kegunaan kabel listrik 3 phase Ini sangatlah penting karena warna standar internasional ini akan sangat membantu bukan saja untuk mempermudah ketika pertama kali pemasangan, tetapi juga akan mempermudah jika suatu saat dilakukan penambahan daya atau perbaikan.

Jika instalasi listrik tidak mengikuti warna kabel standar internasional, maka dimungkinkan akan terjadi kesalahan pemasangan ketika penambahan jaringan kabel listrik berikutnya, akibatnya kabel pun dapat terbalik dan dapat terjadi hubung singkat.

Salah satu cara untuk mengetahui bahwa kabel yang telah dipasang tidak sesuai dengan warna standar kabel, dapat dilakukan dengan menelusuri jalur setiap kabel mulai dari melihat wiring kabel di box panel

Contoh gambar box panel listrik 3 phase





















Untuk mengurangi resiko yang bisa ditimbulkan akibat kesalahan instalasi listrik, maka warna kabel listrik harus sesuai dengan warna standar kabel ketika melakukan instalasi.

Apabila Anda mempunyai motor listrik 3phase atau mungkin AC 3 phase pada waktu penarikan kabel power harus diperhatikan isi kabel yang akan digunakan.
Apalagi pada waktu connecting atau penyambungan harus teliti R,S,T dan N supaya tidak terjadi hal yang buruk..misalnya motor listrik kebakar.

Demikian ulasan mengenai Mengetahui  warna dan kegunaan kabel listrik 3 phase Supaya dapat diterapkan pada instalasi anda di rumah supaya ada kesamaan atau supaya instalasi dirumah tidak simpang siur atau berantakan. Akhir kata apabila ada kesalahan dalam penulisan mengenai artikel Mengetahui  warna dan kegunaan kabel listrik 3  supaya bisa dimaklumi,terimakasih.



tag :
Metahuengi  warna dan kegunaan kabel listrik  3 phase


mcb 1 phase
mcb 3 phase
mcb 1p
warna kabel 3 phase
arti r s t pada listrik 3 phase
cara merakit panel listrik terbaru
cara menyambung kabel listrik 3 warna
perhitungan listrik 3 phase
Bagaimana cara menghitung daya listrik
Dua cara Perhitungan Daya Listrik
arti warna kabel listrik coklat
cara menyambung kabel listrik 3 phase
standar warna kabel sni
cara menentukan rst pada listrik 3 phase

kabel warna merah positif atau negatif

0 Response to "mengetahui warna dan kegunaan kabel listrik 3 phase"

Post a Comment

Featured Post

cara mengetahui ukuran pk ac

cara mengetahui ukuran pk ac ;Pada umumnya  kalau kita membeli ac baru dan melihat box ac atau gambar AC pasti akan tau namanya, misalya...

Popular Posts