“ Service AC Panggilan
Profesional, Harga Murah,
Respon Cepat 24 Jam”
ORDER via WA 08953-7987-3026

Prima AC melayani jasa service ac, bongkar pasang, installasi, maintenance, perawatan, cuci, dan perbaikan ac di Depok, Margonda, Tapos, Cimanggis, Cinere, Sawangan, Citayam, Cibubur, Cileungsi, Cibinong, Bojoggede, Gunung Putri, Citeureup, Bogor.

cara mengganti compressor ac split

cara mengganti compressor ac split
cara mengganti compressor ac split

lihat juga


cara mengganti compressor ac split

 CARA MENGGANTI COMPRESSOR AC SPLIT
AC merupakan suatu alat /mesin yang terdiri dari outdoor dan indoor yang bisa mengeluarkan udara dingin dan membuat sejuk ruangan.yang.Di dalam  rangkaian unit outdoor AC tersebut terdapat satu kesatuan komponen yang saling mempengaruhi untuk mengeluarkan udara tersebut.Salah satu komponen yang juga memiliki fungsi penting yaitu Compressor.

Apabila compressor sudah rusak Ac tidak akan bisa dingin lagi,Cara mengganti compressor ac split ini dilakukan apabila ac sudah benar benar diketahui kerusankanya  dan tidak bisa lagi untuk diperbaiki...

karena kalau compresor macet saja kadang kadang masih bisa di akalin dengan mencopot pipa di ujung kompressor dan memutarnya dengan menggunakan obeng min.
Cara mengganti compressor ac split  ini dibutuhkan sebuah alat pengelasan yaitu 1tabung bluegas dan 1tabung oxigen.

Bisa juga dilakukan dengan pengelasan menggunakan blender dengan bahan bakar H-cook, tetapi waktu anda ingin melepaskan dua buah sambungan pipa di compressor,anda harus membuka semua tutup body outdoor agar ruang pengelasan lebih gampang dan hawa panas dari blender tidak mengenai compressor.

Cara mengganti compressor ac split ini harus dilakukan oleh teknisi yang sudan berpengalaman agar bisa meminimalisir kesalahan.

Persiapan alat dan material.

1. Alat las
2. Kunci ring 12/13mm
3. Obeng +/-
4. Analizer
5. Alat vacum
6. Freon
7. Kawat las perak
8. Siapkan Compressor sesuai yang akan diganti.

Langkah langkah Cara mengganti compressor AC Split

1.Sebagai langkah pertama anda bisa membuka body outdoor

Apabila sudah dibuka semuanya maka akan terlihat komponen  yang namanya compresor yang nantinya bisa lebih mudah dalam mengerjakanya.


.2. Buka sambungan

Setelah cassing atau body dilepas tahapan selanjutnya yaitu lepaskan kedua sambungan pipa yang menghubungkan antara compressor ke kondensor dan pipa menuju ke kran vale tersebut menggunakan alat las dengan cara dipanasi. setelah itu, lpaskan mur-mur yang berada di kaki compressor dengan menggunakan kunci ring. 




















3.Ganti compressor sesuai tipe

Setelah semua mur terlepas, saatnya untuk mengangkat compressor dengan sangat hati-hati. Lalu ganti compressor dengan yang baru. Dan perhatikan, tidak semua compressor dapat di pasang karena compressor memiliki tipenya masing-masing. 


Untuk mengetahui tipe yang cocok maka lihat pada label yang tertera pada body compressor tersebut.setelah compressor sudah diletakan pada dudukanya sambung kembali pipanya dengan menggunakan alat las. Kemudian kencangkan baut pengikatnya

4.Ganti pipa kapiler dan filternya 


Setelah menemukan compressor yang tepat, maka perhatikan pipa kapilernya. Ada baiknya untuk mengganti pipa kapiler dengan filternya juga sehingga Freon bisa bersilkulasi dengan lancar kembali.


5. Tutup kembali body ac

Apabila Cara mengganti compressor ac split dirasa cudah selesai semuanya dan sudah tidak ada pekerjaan yang ketinggalan tutuplah body ac kembali

5. Vakumlah ac tersebu.



Pemvakuman dilakukan supaya oksigen yang didalam body compressor dan pipa nya bisa keluar semuanya.setelam divakum sampai -30psi,cek juga instalasi ac tersebu apakah sudah benar benar rapat pada semua sambungan las yang tadi dikerjakan atau masih ada kebocoran caranya anda bisa melihat jarum manalizer tadi apakah jarum analizer naik atau tidak. 

Kalau jarum analizer naik berarti masih ada kebocoran. Tetapi klo jaru analizer sudah ditungguin 15menit s/d 30menit tidak bergerak berarti sambungan sudah rapat.sehingga dapat dilakukan tahapan selanjutnya yaitu flusing dengan Nitrogen ( N 2) supaya kotoran keluar semua Apabila tidak mempunyai N2 / nitrogen,bisa juga memakai freon. 

Masukan freon  s/d 100psi ingat freon yang dipakai harus sesuai tipenya.lalu di flusing supaya kotoran bisa keluar menggunakan freon tadi sampai tekanan freon menjadi 10psi





















5 Operasikan AC Split

Tahapan Cara mengganti compressor ac split sudah di lalui dari mulai membuka casssing outdoor,pengangkatan compressor lama. pemasangan compressor baru, ganti pipa kapiler dan pipa instalasi yang telah di pasang pada kran valve. Dengan begitu Langkah selanjutnya yaitu mengoperasikan AC Split.

6.Mengisi  Freon


Saat pengoperasian,isi Freon kembali dan sesuaikan kebutuhanya.pada saat melakukan pengisian Freon,jangan lupa melihat ampere compressor dengan tang ampere. Apabila terlihat ampere tersebut normal sesuai dengan tabel maka
 Cara mengganti compressor ac split diatas dinyatakan BERHASIL.

Demikian langkah langkah cara mengganti compressor ac split,apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam tutur bahasa dan penulisan Saya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya .semoga dapat bermanfaat bagi kita semu adan selamat mencoba.



t line:
kompresor ac harga kompresor ac kompresor ac split harga kompresor ac mobil kompresor ac mobil harga ac mobil ual kompresor compressor ac harga compressor kondensor ac compresor ac mobil jual kompresor ac mobil kompresor ac rumah service ac harga kompresor bekas daftar harga kompresor harga kompresor ac split harga ac baru jual kompresor ac harga ac 2 pk jual kompresor ac mobil bekas harga kondensor ac mobil service kompresor ac mobil cara mengganti kompresor ac split harga compressor ac servis ac kompresor ac mobil bekas harga kompresor ac mobil bekas harga ac murah dan hemat listrik

0 Response to "cara mengganti compressor ac split"

Post a Comment

Featured Post

cara mengetahui ukuran pk ac

cara mengetahui ukuran pk ac ;Pada umumnya  kalau kita membeli ac baru dan melihat box ac atau gambar AC pasti akan tau namanya, misalya...

Popular Posts